Tak Ingin Operasi? Yuk, Obati Kanker Payudara Menggunakan Cara Alami!

Sumber: Alodokter.com

Salah satu kanker yang banyak ditemui oleh para wanita adalah kanker payudara. Dilansir dari halaman Alodokter, kanker payudara adalah kondisi di mana sel kanker membentuk dan bersarang pada jaringan payudara. Kanker payudara bisa berbentuk pada jaringan lemak atau jaringan ikat, di kelenjar lobulus, dan saluran duktus dalam payudara. Sel kanker tersebut membentuk tumor seperti benjolan. Tak hanya pada wanita, kanker payudara juga bisa menyerang pria.

Ada beberapa jenis kanker payudara yang paling sering ditemukan. Berikut ulasannya.

  1. Lobular Carcinoma In Situ

Kanker payudara ini tumbuh pada bagian lobulus. Untungnya, kanker jenis ini tidak menyebar ke sekitar.

  1. Ductal Carcinoma In Situ

Kanker ini tumbuh di bagian duktus. Sama seperti lobular, kanker ini tidak menyebar ke sekitar. Jenis kanker ini mudah untuk diobati. Namun, jika tidak ditangani maka kanker bisa menyebar.

  1. Inasive Lobular Carcinoma

Kanker jenis ini tumbuh pada lobulus dan bisa menyebar. Biasanya kanker ini terjadi 10% pada kasus kanker payudara.

  1. Inasive Ductal Carcinoma

Kanker jenis ini tumbuh pada duktus dan bisa menyebar, bahkan bisa menyebar ke area tubuh lain. Kanker jenis ini paling umum ditemukan dengan persentase 70-80%. 

Untuk kasus jenis kanker payudara yang jarang terjadi ada lima, yaitu penyakit paget, tumor phyllodes, angiosarcoma, triple negative breast cancer, dan inflammatory breast cancer

Bagi penderita yang masih berada di stadium awal, cara yang mudah untuk mengobati kanker payudara adalah dengan cara alami. Selain karena meringankan penyakit dan menjaga kesehatan tubuh juga tidak menghabiskan uang untuk melakukan operasi. Yuk, simak ulasannya!

  1.  Bawang putih

Selain sebagai bahan bumbu dapur,  bawang putih juga banyak digunakan untuk mengobati penyakit, termasuk kanker payudara. Zat ajoene yang terkandung di dalam bawang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker meski sementara. Itulah sebabnya bawang putih bisa menjadi cara alami untuk mengobati kanker.

  1. Kunyit

Curcuma longa merupakan nama latin dari kunyit yang mana adalah salah satu obat herbal atau cara alami yang bisa dikonsumsi untuk mengobati kanker payudara. Kunyit memiliki rimpang dan batang bawah yang mengandung kurkumin di mana mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dari mulai pembentukan sampai pembelahan.

  1. Teh Hijau

Polifenol yang terdapat dalam teh hijau mampu membatasi pertumbuhan sel kanker dan dapat memicu kerusakan sel tersebut. Senyawa antioksidan yang terdapat dalam teh hijau lainnya adalah katekin di mana berfungsi untuk menghambat dan penyebaran dan pembelahan sel kanker sehingga mengurangi risiko tumbuhnya sel kanker. Teh hijau juga bisa mengurangi radiasi yang dapat membahayakan tubuh.

  1. Ginseng

Ginseng dipercaya bisa meringankan penyakit termasuk kanker payudara. Ginseng memiliki zat aktif yang membantu dalam penghambatan dan pembelahan sel tumor. Tanaman ini direkomendasikan sebagai obat untuk mengurangi risiko kanker. 

  1. Daun Sirsak

Daun sirsak merupakan salah satu obat herbal yang bisa dikonsumsi untuk mengobati kanker payudara. Senyawa yang ada dalam daun sirsak bisa mengurangi pertumbuhan kanker. Jika rajin merebus 10-12 daun sirsak kering selama 5-7 menit, ada kemungkinan sel kanker tidak lagi menyebar luas. 

Selain 5 cara alami di atas, masih ada lagi obat herbal yang bisa menjadi pilihan, seperti daun keladi tikus, daun belalai gajah, karotenoid, dan lainnya. Meski cara alami bisa membantu mengurangi pertumbuhan kanker, ada baiknya untuk tetap berkonsultasi terhadap dokter. Cara alami di atas juga masih diteliti untuk membuktikan khasiatnya.

Nah, itulah cara mengobati kanker payudara dengan cara alami. Mau mencoba? 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>